13 November 2008

Menyamakan Volume MP3 Dengan MP3Gain

Koleksi lagu MP3 memang sangat bervariasi. Ada yang didapat dari hasil melakukan proses rip dari CD, download dari berbagai macam situs penjual musik online dan berbagai sumber lainnya. Sayangnya seringkali volume dari tiap lagu kebanyakan tidak sama. Ada lagu yang terlalu keras, beberapa lagu terlalu pelan dan lainnya sudah sesuai dengan yang kita inginkan.

Untunglah ada program yang bisa mengatasi itu semua. Program itu bernama MP3Gain, bisa Anda dapatkan secara gratis di alamat http://www.pcworld.com/downloads/file/fid,23022-order,6-page,1/description.html. Program itu merupakan alat tepat untuk menyamakan volume koleksi MP3 Anda. Cara kerjanya yaitu dengan mengubah secara langsung metadata-nya sehingga perubahan volume akan berlaku permanen. Bagusnya lagi, program ini tidak mengubah isi asli dari lagunya, sehingga tidak ada pengurangan pada kualitas suara dari lagu.Setelah meng-install MP3Gain, jalankan programnya, kemudian klik tombol Add Folder dan pilih folder yang berisi file lagu-lagu Anda. Program ini dapat melakukan analisa untuk masing-masing lagu di library Anda atau menganalisanya berdasarkan per album. Metode terakhir akan membuat volume akan sama untuk masing-masing albumnya, tetapi jika Anda sering memutar secara acak keseluruhan isi dari music library, jangan terkejut kalau volume suaranya masih naik turun antar lagu yang diputar. Hal ini karena penyesuaian volume didasarkan pada satu album, dengan memutar lagu secara acak dari album yang berbeda, tentunya akan akan menghasilkan tingkat volume yang berbeda. Kasus semacam ini tidak akan dijumpai jika yang memakai metode penyesuaian berdasarkan lagu demi lagu.

Secara default, MP3Gain akan menyesuaikan volume ke besaran 89 decibel, tetapi Anda dapat mengubah nilai ini pada kotak Target Normal Volume. Setelah itu tinggal tekan tombol Track Analysis dan bersiaplah untuk menunggu sampai proses selesai.

Ketika proses ini selesai, Anda dapat melihat hasilnya atau dapat langsung meneruskan pada prosedur menyamakan volume dengan klik pada tombol Track Gain. Proses akhir ini akan memakan waktu lebih lama dari analisa, tergantung pada ukuran library Anda. (pcworld)