2 November 2008

'Login' Lebih Mudah Dengan Satu ID

Suatu skema yang mengijinkan orang untuk menggunakan satu nama dan password pada banyak situs yang berbeda dapat dukungan dari Google dan Microsoft. Dua perusahaan teknologi raksasa itu telah mengungkapkan rencana akan memasukkan user-nya ke skema ID terbuka itu.
Langkah itu berarti akan menambahkan 400 juta user dalam inisiatif itu. Dua perusahaan itu bergabung dengan lainnya, seperti Yahoo dan AOL, sebagai penggagas skema sign-on tunggal.


ID terbuka sudah dimimpikan sebagai cara untuk mengurangi beban mental dan administratif dengan mempunyai identitas dan password login yang berbeda untuk hampir semua situs. Ide tersebut berarti siapa saja dengan satu Open ID dapat menggunakan itu untuk melakukan log in dan menggunakan situs lainnya yang tergabung dengan skema itu.


Microsoft dan Google adalah pengadopsi pertama dari skema itu, dan langsung masuk dalam dewan Open ID Foundation in 2007. Keduanya sekarang mengeluarkan tool dan teknologi untuk bisa menerapkan skema itu.


Pada 28 Oktober 2008 ini, Microsoft mengumumkan akan memulai uji coba teknis untuk mengarahkan semua penggunanya pada layanan Windows Live untuk menggiatkan Open ID pada 2009.(bbc/cax)